Kami melakukan observasi pusat sumber belajar di lingkungan dalam Universitas Negeri Malang, lebih tepatnya di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang. Di sini sangatlah berbeda dengan PSB lain, jika kebanyakan PSB memberikan layanan yang luarbiasa lengkap di sini layanan yang diberikan biasa saja namun keakraban antar pengguna PSB sangat terasa.
Kami melakukan observasi pada pertengahan bulan Februari hingga awal bulan Maret. Sebagian besar PSB Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang membahas seputar agama dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, baik sebagai individu, masyarakat sosial, dan bahkan bagian dari suatu bangsa. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah makalah hasil laporan observasi kami.
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Belajar
merupakan salah satu kegiatan penting dan wajib dalam kehidupan. Dalam hadits, Nabi
SAW bersabda “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”. Istilah belajar
sering di kaitkan dengan istilah menuntut ilmu, sedang dewasa ini kegiatan
menuntut ilmu terkonsep pada istilah pendidikan. Pendidikan dalam arti luas
tidak hanya terbatas pada instansi formal yang menyelenggarakan pendidikan
saja. Pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga
kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang
diperlukan. Salah satu sumber yang sangat penting tetapi bukan adalah
perpustakaan. Dengan demikian kedudukan perpustakaan pada jalur pendidikan
sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah, sangat vital. Meskipun demikian, perpustakaan
bukanlah satu-satunya sumber belajar. Kali ini penulis ingin melaporkan
kegiatan di sumber belajar yang belum banyak dibahas, yaitu masjid.
Masjid sedikit berbeda dengan
perpustakaan dalam pandangan koleksi sumber belajar. Jika dalam perpustakaan
koleksi sumber belajar sebagian besar berasal dari koleksi tercetak dan
bersifat umum maka dalam masjid sebagian besar sumber belajar yang digunalan
adalah penuturan ustad/kiyai sehingga bersifat abstrak dan sebagian besar
membahas seputar agama.
Dalam
hal ini kami melakukan observasi pada sumber belajar di Masjid Al Hikmah,
Universitas Negeri Malang. Pembelajaran yang dilakukan di masjid ini sangatlah
beragam dan intensifitasnya setiap hari. Dalam pengelolaanya juga dikelola oleh
banyak pihak, diantaranya adalah pihak kampus dan mahasiswa. Kajian Islam dan
Al-Quran menjadi dasar pembelajaran di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri
Malang. Kegiatan yang dilakukan juga sebagian besar untuk umum sehingga siapa
saja yang ingin belajar di sini tidak perlu direpotkan akan pendaftaran
keanggotaan seperti di perpustakaan.
Untuk
kedepannya, diharapkan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di manapun dan
kapanpun, karena hakikat belajar adalah sepanjang hayat.
1.2
Perumusan Masalah
Dalam observasi ini kami
rumuskan permasalahnya sebagai berikut:
- Apakah hakikat belajar?
- Apakah hakikat pusat sumber belajar?
- Bagaimana identitas Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang?
- Bagaimana kegiatan pembelajaran di PSB Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang?
1.3Tujuan
Penulisan Makalah
- Mengetahui hakikat belajar.
- Mengetahui hakikat pusat sumber belajar.
- Mengetahui identitas Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang.
- Mengatahui kegiatan pembelajaran di PSB Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang.
1.4
Manfaat Kegiatan
Bagi Penulis
Penulisan
laporan ini sangat bermanfaat bagi penulis karena selain sebagai salah satu
syarat dalam penyelesaian tugas, penulisan ini juga bermanfaat sebagai media
dalam pengembangan kemampuan penulis khususnya dalam bidang observasi dan penulisan
karya ilmiah.
Bagi PSB Masjid Al Hikmah
Penulisan laporan ini dapat
digunakan sebagai referensi, penilaian, bahan evaluasi, dan media penyebaran
informasi untuk kemajuan PSB.
Bagi Masyarakat Akademis
Bagi Masyarakat Akademis
Penulisan
laporan ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan bahan referensi penulisan
laporan kegiatan sejenis guna meningkatkan kualitas sumber daya Masyarakat
Indonesia.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PEMBAHASAN
2.1
Hakikat Belajar
Menurut
Winkel, (dalam
artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli: belajarpsikologi.com) belajar adalah
semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam
lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Menurut
Ernest R. Hilgard (dalam artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli:
belajarpsikologi.com) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan
sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari
perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Sifat
perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak
bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat
kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
Sedangkan
Pengertian Belajar menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977 (dalam
artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli: belajarpsikologi.com), belajar
merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku,
yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan
sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya
suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat
refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
Moh.
Surya (dalam artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli: belajarpsikologi.com)
menjelaskan definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai
hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada
prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Dari
beberapa pengertian belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah
semua aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga
menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan
sebelum belajar. Jadi belajar itu tidak hanya berkutat pada buku saja melainkan
semua hal.
2.2
Hakikat Pusat Sumber Belajar
Belajar
adalah suatu proses yang kompleks dan terjadi pada semua orang serta berlangsung
seumur hidup. Konsep belajar adalah mengingat, belajar adalah memahami, belajar
adalah menerapkan (melakukan, keterampilan, praktik), dan belajar adalah
pengembangan diri. Pada hakikatnya, alam semesta ini merupakan sumber belajar
bagi manusia sepanjang masa. Dan Sesungguhnya sumber belajar itu banyak
jenisnya. Hakikat dari PSB adalah terpusat kepada peserta didik, dalam rangka
mengembangkan kepribadiannya dan untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran
tertentu, misalnya interaksi belajar dalam kelompok kecil, belajar mandiri, belajar
bebas dan sebagainya.
Pusat
sumber belajar atau resources centre
atau learning Resources centre segala
sesuatu yang berbentuk sebuah ruangan sampai dengan suatu bangunan yang rumit
yang didisain secara teratur dan khusus dengan tujuan untuk menyimpan, merawat,
mengembangkan koleksi sumber belajar baik yang berbentuk bahan cetak maupun
bahan non cetak oleh pelajar baik secara individual baik secara individual
maupun dalam kelompok kecil, fakultas, sekolah atau akademi. Pusat sumber
belajar yang terkadang diberi nama lain seperti laboratorium alat bantu
belajar.
PSB
merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan rumit dan
lengkap. PSB ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik
secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar
yang tersedia sehingga proses belajar terjadi.
Dengan demikian PSB merupakan wahana yang
memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran, dimana berbagai
jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu
meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.
2.3
Masjid Al Hikmah
Komplek
Masjid Al-Hikmah terletak di Jl. Ambarawa di dalam kampus I UM dirintis mulai tahun
1960-an dan resmi berdiri sehingga dapat dipergunakan secara memadai pada tahun
1981. Komplek masjid ini menempati areal tanah seluas sekitar 3.000 m2
terdiri atas bangunan induk masjid dengan luas lantai total 900 m2
(belum termasuk lantai 2) dan perpustakaan 300 m2.
Masjid
ini memiliki berbagai kegiatan baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat incidental.
Kegiatan ini antara lain bekerjasama dengan Takmir BDM Al-Hikmah dan Pelaksana
Mata Kuliah Universitas Pelaksana Kehidupan Beragama (Seksi Islam) mengadakan
TDI (Tafaquh Fi Dinil Islam) seminggu sekali tiap hari Sabtu pagi yang diikuti
oleh Mahasiswa yang sedang menempuh kuliah agama Islam. Pihak Takmir
menyelenggarakan kegiatan rutin peribadatan yakni sholat Jum’at dan sholat lima
waktu.
2.4
Kegiatan Pembelajaran di Masjid Al Hikmah
Berdasarkan
hasil observasi kami, Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang merupakan
salah satu contoh pusat sumber belajar karena memenuhi syarat untuk dikatakan
sebagai pusat sumber belajar. Kegiatan pembelajaran di Masjid Al Hikmah,
Universitas Negeri Malang sebagian besar mengkaji agama, namun selain itu juga
menyinggung sedikit permasalahan negara melalui kacamata Islam.
Kegiatan
pembelajaran di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikelola oleh pihak
kampus dan mahasiswa. Kegitan yang dilakukan bersifat tahunan dan juga insentif
harian. Dalam makalah ini kami hanya mencantumkan kegiatan harian saja karena
dalam pelaksanaan observasi kami tidak bertepatan dengan kegiatan tahunan.
Kegiatan
pembelajaran harian di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikelola
oleh pihak kampus dan mahasaiswa. Pihak kampus melalui Yayasan Masjid Al
Hikmah, Universitas Negeri Malang, dan pihak mahasiswa melalui UKM. UKM yang
kerap mengelola dan berkegiatan di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang
ada dua, yaitu UKM BDM Al Hikmah dan UKM ASC.
2.4.1
Kegiatan yang Dikelola Yayasan Masjid
Kegiatan
harian yang di kelola Yayasan Masjid diantaranya yaitu kajian setelah sholat
dhuhur. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis. Bertempat di
aula Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dengan peserta jamaah sholat
dhuhur yang terdiri dari mahasiswa, karyawan universitas, dan umum.
Pembahasannya pun beragam dan kebanyakan menyesuaikan dengan berita yang hangat
saat ini dengan dipandang melalui prespektif Islam.
2.4.2
Kegiatan yang Dikelola UKM BDM
Kegiatan yang dikelola UKM BDM dapat
dilihat dalam tabel berikut.
Tabel
2.1 Kegiatan PSB
No
|
Nama Kegiatan
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
|
1
|
Kalam
Hikmah
|
PSSI
|
PSSI
|
Kalam
Hikmah
|
PSSI
|
TDI
|
2
|
Buka
Bersama
|
Buka
Bersama
|
dok. Penulis
Kegiatan tersebut
dilakukan secara rutin dengan penjabarannya sebagai berikut:
Kalam Hikmah, Kalam Hikmah merupakan
akronim dari Kajian Islam Al Hikmah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari
Senin dan Kamis di serambi depan Kalam Hikmah. Peserta kajian bersifat umum
namun kebanyakan yang menjadi peserta adalah mahasiswa. Kajian kegiatan ini
pada hari Senin mengkhususkan untuk mengkaji kitab Riyadus Sholihin sedang hari
Kamis bersifat tematik. Berikut adalah gambar sewaktu kegiatan.
dok.
pribadi
Gambar
2.1 Kalam Hikmah Senin
dok. pribadi
Gambar
2.2 Kalam Hikmah Kamis
Kegaiatan
Kalam Hikmah ini dimulai pukul 16.00 WIB dan smelesai sebelum waktu azan
Maghrib. Selelah Sholat Maghrib berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan buka
bersama.
PSSI,
PSSI merupakan akronim dari Pembinaan Sebelum Sholat Isya. Sesuai dengan
namanya, kegiatan ini dilaksanakan setelah Sholat Maghrib hingga menjelang
waktu Isya pada hari Selasa, Rabu, dan Jumat. PSSI dilaksanakan di aula Suffah
Al Ghifari, ruang depan Imaman. Untuk peserta, PSSI bersifat umum karena
kajiannya juga umum, namun kebanyakan masih didominasi oleh mahasiswa. Jadwal
kegiatan PSSI meliputi, Belajar Bahasa Arab ada hari Selasa, Hafalan Hadist
pada hari Rabu, dan Ilmu Tajwid pada hari Jumat. Berikut adalah foto kegitan.
dok.
pribadi
Gambar
2.3 PSSI Bahasa Arab
dok. pribadi
Gambar
2.4 PSSI Hafalan Hadist
TDI,
TDI merupakan akronim dari Tsafaquh fii
Dinil Islam, kegitan ini merupakan kegiatan kampus yang terintegrasi dalam matakuliah
PAI, sehingga bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah PAI wajib juga mengikuti
kegiatan TDI. Kegiatan ini dilakasa setiap hari Sabtu bertmpat di aula Masjid
Al Hikmah, Universitas Negeri Malang pukul 06.30 WIB. Untuk pengelola kegiatan
ini oleh pihak kamus diserahkan kepada UKM BDM. Berikut adalah foto kegiatan
TDI.
dok.
pribadi
Gambar 2.5 TDI
2.4.3 Kegiatan yang
Dikelola UKM ASC
Dalam pengelolaan kegiatan di Masjid
al Hikmah, Universitas Negeri Malang, UKM ASC mengelola kegiatan BBQ (Belajar Baca
Al Quran) yang juga terintegrasi dalam matakuliah PAI, namun berbeda dengan
TDI. Jika TDI hukumnya wajib bagi semua mahasiswa penempuh matakuliah PAI, BBQ
hanya dikhususkan bagi mahasiswa yang memiliki nilai B dalam baca Al Quran.
Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu setelah kegiatan TDI. Kegitan ini
dilakukan dengan cara membentuk kelompok-kelompok dan dengan metode tentoring.
Berikut adalah foto kegiatan.
dok.
pribadi
Gambar
2.6 BBQ
Dari ketiga pihak pengelola kegiatan
di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikoordinir oleh Yayasan Masjid.
Sehingga setiap ada yang ingin mengadakan kegiatan di masjid harus melengkapi
surat perijinan pada Yayasan Masjid.
2.5 Kelebihan dan Kekurangan PSB
Masjid Al Hikmah
Kelebihan yang dimiliki PSB Masjid
Al Hikmah dianaranya: (1) Tempat yang nyaman. (2) Pelaksanaan kegiatan yang
rutin dan tepat waktu. (3) Memiliki fasilitas yang lengkap, seperti; (a) tempat
parkir, (b) kamar kecil, (c) tempat istirahat, (d) perpustakaan masjid. (4)
Tentor yang ramah dan menyenangkan. Dan (4) pengkoordiniran kegiatan yang baik.
Kekurangan dari PSB ini adalah belum
lengkapnya koleksi bahan pustaka yang dimiliki dan keamanan tempat yang belum
sepenuhnya terjamin. Banyak jamaah yang sering kehilangan saat sholat dan
istirahat di Masjid Al Hikmah.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENUTUP
1.1 Kesimpulan
Belajar
adalah semua aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang
sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar
dan sebelum belajar.
PSB
merupakan wahana yang memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses
pembelajaran, dimana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan
dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan
pembelajaran.
Komplek
Masjid Al-Hikmah terletak di Jl. Ambarawa di dalam kampus I UM dirintis mulai
tahun 1960-an dan resmi berdiri sehingga dapat dipergunakan secara memadai pada
tahun 1981. Komplek masjid ini menempati areal tanah seluas sekitar 3.000 m2
terdiri atas bangunan induk masjid dengan luas lantai total 900 m2 (belum
termasuk lantai 2) dan perpustakaan 300 m2.
Kegiatan
pembelajaran harian di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikelola
oleh pihak kampus dan mahasaiswa. Pihak kampus melalui Yayasan Masjid Al
Hikmah, Universitas Negeri Malang, dan pihak mahasiswa melalui UKM. UKM yang
kerap mengelola dan berkegiatan di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang
ada dua, yaitu UKM BDM Al Hikmah dan UKM ASC.
Kegiatan
pembelajaran yang dilakukan di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang
secara umum membahas Islam dan peribadatannya yaitu; Kalam Hikmah, PSSI, TDI,
BBQ, dan Kajian Setelah Sholat Dhuhur.
1.2 Saran
PSB
Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang sangat bagus untuk memperdalam ilmu
agama. Saat menjumpai persoalan kita dapat dengan mudah menanyakan solusinya
pada saat kajian-kajian berlangsung. Untuk kedepannya diharapkan faktor-faktor
yang menjadi kekurangan PSB ini dapat diatasi, salah satunya permasalahan
keamanan.
---------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR
RUJUKAN
Haryanto. 2010. Pengertian Belajar Menurut Ahli.
(online),
Maret
2015)
Universitas Negeri
Malang. Fasilitas Umum. (http://www.um.ac.id/page/fasilitas
umum,
diakses 05 Maret 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar